Hade Goreng Meunang Sorangan !


close
cbox

Cara Membuat Huruf Sunda | Offline Mode

Ditulis ku Unknown Senin, 30 Januari 2012



Masih bingung mau posting apa XD, baru kepikiran banyak yang nanya cara bikin huruf sunda. tau gk huruf sunda yang kaya gimana ?? wah kalo gk tau Ndeso banget xD yang kaya gini lho ᮓᮚ᮪ᮐ᮪ .

ᮃᮔ᮪ᮓ ᮄᮍᮤᮔ᮪ ᮒᮥᮜᮤᮞᮔ᮪ ᮞᮨᮕᮨᮁᮒᮤ ᮄᮔᮤ ? ᮒᮤᮀᮌᮜ᮪ ᮓᮧᮝ᮪ᮔᮣᮧᮃᮓ᮪ ᮞᮏ ᮖᮤᮜᮨᮑ, ᮓᮔ᮪ ᮕᮊᮨ ᮞᮨᮕᮥᮃᮞ᮪ᮑ. ᮙᮧᮌ ᮃᮏ ᮊᮜᮤᮃᮔ᮪ ᮍᮨᮁᮒᮤ ᮟ᮪ᮓ᮪
ngerti gk tuh ? ah gimana, ngaku urang sunda, tapi gk ngerti XD (padahal yang nulis juga gk ngerti :D)

Sejarah

        Penggunaan Aksara Sunda Kuna dalam bentuk paling awal antara lain dijumpai pada prasasti-prsasasti yang terdapat di Astanagede, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, dan Prasasti Kebantenan yang terdapat di Kabupaten Bekasi.
         Edi S. Ekajati mengungkapkan bahwa keberadaan Aksara Sunda Kuna sudah begitu lama tergeser karena adanya ekspansi Kerajaan Mataram Islam ke wilayah Priangan kecuali Cirebon dan Banten. Pada waktu itu para menak Sunda lebih banyak menjadikan budaya Jawa sebagai anutan dan tipe ideal. Akibatnya, kebudayaan Sunda tergeser oleh kebudayaan Jawa. Bahkan banyak para penulis dan budayawan Sunda yang memakai tulisan dan ikon-ikon Jawa.
        Bahkan VOC pun membuat surat keputusan, bahwa aksara resmi di daerah Jawa Barat hanya meliputi Aksara Latin, Aksara Arab Gundul (Pegon) dan Aksara Jawa (Cacarakan). Keputusan itu ditetapkan pada tanggal 3 November 1705. Keputusan itu pun didukung para penguasa Cirebon yang menerbitkan surat keputusan serupa pada tanggal 9 Februari 1706. Sejak saat itu Aksara Sunda Kuno terlupakan selama berabad-abad. Masyarakat Sunda tidak lagi mengenal aksaranya. Kalaupun masih diajarkan di sekolah sampai penghujung tahun 1950-an, rupanya salah kaprah. Pasalnya, yang dipelajari saat itu bukanlah Aksara Sunda Kuna, melainkan Aksara Jawa yang diadopsi dari Mataram dan disebut dengan Cacarakan.
(sumber Mbak wikipedia)

wah pasti sejarah namah moal di baca (budak ayeuna da xD)
udah ah, enggak biasa nulis banyak-banyak CANGKEUL BRAYY.. 

anda tertarik / ingin membuat huruf sunda ?

silahkan klik :
Download




READ ME :  (baru ada komfirmasi dari teman) Jika setelah mendownload file hurufnya jadi Kotak kotak, pasang dulu Fontsnya download >>disini<<


Males Download ? kamu bisa pake yang online modenya
untuk online mode >>klikdisini<<

Mau sms gratis ? >>klikdisini<<

Lagi butuh bunga ?   >>klik Disini<<

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya !